Yuk, Intip Rahasia Resep Gudeg Spesial Khas Jogja Ini!

resep gudeg

Yogyakarta yang dikenal sebagai Kota Pelajar ternyata memiliki segudang kuliner khas yang siap memanjakan lidah Anda. Salah satunya adalah gudeg.

Ya, siapa yang tak kenal makanan legendaris khas Jogja ini? Makanan tradisional berbahan dasar nangka muda ini sangat terkenal dengan rasanya khas dan unik. Jika Anda berkunjung ke Yogyakarta, belum pas rasanya kalau belum mencicipi gudeg langsung dari daerah asalnya. Salah satu yang menjadi ciri khas masakan ini adalah cara penyajian gudeg yang dihidangkan di dalam panci tanah liat.

Meskipun makanan ini berasal dari Yogyakarta, namun Anda tetap bisa menikmati gudeg di mana saja, kok. Saat ini, sudah banyak rumah makan yang menyediakan makanan tradisional ini. Bahan-bahan yang digunakan pun mudah ditemui, baik di pasar maupun tukang sayur keliling. Cara pembuatannya juga relatif mudah.

Nah, artikel kali ini membantu Anda mengetahui bagaimana resep gudeg jogja yang khas dan istimewa. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Bahan-bahan yang Diperlukan

  • 1 kg nangka muda
  • 2 sdm garam
  • 200 gr gula aren
  • ½ sdt merica bubuk
  • 1 sdt ketumbar yang sudah disangrai
  • 10 butir kemiri yang sudah disangrai
  • 10 butir bawang putih
  • 15 butir bawang merah
  • 1 L air kelapa
  • 2 L santan asli
  • 5 lembar daun salam
  • Lengkuas yang diiris memanjang

Setelah seluruh bahan-bahan di atas siap, tahap selanjutnya adalah cara membuat gudeg Jogja.

Cara Memasak Gudeg Jogja

  1. Bersihkan nangka yang sudah disiapkan
  2. Potong nangka berbentuk dadu, rebus hingga beberapa menit, lalu tiriskan
  3. Sebelum memasukkan bahan ke dalam panci, siapkan terlebih dahulu beberapa daun salam sebagai alas pada panci dan letakkan irisan lengkuas di atasnya
  4. Masukkan nangka yang sudah dipotong dan gula aren ke dalam panci
  5. Haluskan bumbu-bumbu selain air kelapa dan santan
  6. Campurkan bumbu yang telah dihaluskan dengan ½ L air kelapa, aduk hingga merata dan tuang ke dalam panci
  7. Tuang air kelapa yang masih tersisa (1/2 L) ke dalam panci yang berisi nangka hingga terendam, lalu tutup pancinya
  8. Masak dengan api sedang hingga 2 jam, biarkan panci tetap tertutup
  9. Jika air sudah menyusut, masukkan santan dan aduk hingga potongan nangka menjadi hancur
  10. Masak kembali dengan api kecil selama 3 hingga 4 jam, aduk perlahan
  11. Jika santan sudah menyusut dan nangka sudah berubah warna menjadi coklat kemerahan, gudeg khas Jogja sudah siap untuk disantap
Baca Juga :  Kue Basah: Cara Membuat Pie Susu

Tips Agar Gudeg Lebih Nikmat

Ketika merebus nangka, Anda juga dapat menggunakan air kelapa sebagai pengganti untuk menghasilkan rasa yang lebih gurih dan cepat empuk. Selain itu, tips lain agar dapat diperoleh rasa gudeg yang lezat, sebaiknya jangan gunakan santan instan. Santan asli yang berasal dari parutan kelapa tua inilah yang menambah rasa gurih pada gudeg.

Sebagai pelengkap, Anda juga dapat menambahkan telur rebus ke dalam gudeg sesuai selera. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menambahkan makanan lain, seperti sambal goreng krecek dan opor ayam, agar gudeg Anda menjadi semakin nikmat disantap. Bagi Anda yang suka pedas, Anda dapat menambahkan cabai sesuai selera.

Itulah tips membuat resep gudeg khas Jogja yang istimewa dan menggoda selera. Resep ini bisa Anda coba di rumah ya, tentunya dengan bahan-bahan yang sederhana.

Bagaimana, sudah terbayang manis dan empuknya nangka gudeg dipadukan dengan sambal goreng krecek dan opor ayam? Mudah dan praktis, kan? Jadi, tidak perlu lagi jauh-jauh ke Jogja untuk coba gudeg. Sebab, kini Anda bisa memasak sendiri makanan yang satu ini.

Selamat mencoba!