Rahasia Untuk Membuat Makanan Dari Aci, DijaminEnak dan Berhasil

makanan dari aci

Untuk sebagian orang, mungkin masih asing mendengar kata “aci”. Aci ini sangat familiar di telinga masyarakat Sunda pada khususnya. Lalu, aci itu apa ya sebenarnya? Aci yang dimaksud di sini adalah tepung tapioka atau tepung dari ekstrak umbi singkong. Hanya sebutannya saja yang berbeda bagi beberapa individu di wilayah tertentu. Makanan yang terbuat dari aci juga sering kita temui di penjual gorengan pinggir jalan, di sana terdapat banyak pilihan yang tersedia, kita bisa melihat dari kaca gerobak atau etalase penjual gorengan. Mereka biasanya menjual aci dalam bentuk aci goreng, biasanya bagian luarnya akan terlihat putih dan perpaduan teksturnya yang crunchy di bagian luarnya, kenyal di dalamnya. Untuk rasa, biasanya gurih, terkecuali jika ditambahkan dengan bubuk rasa lain.

Makanan dari aci tidak mesti dalam bentuk aci goreng saja, aci bisadijadikan bahan pembuatan makanan lain, contohnya seperti pempek, bakso ikan, otak-otak, dan cilor. Nah, cilor sendiriterdiri dari bahan aci dan telur. Jika ingin menikmati makanan ini, tidak perlumenunggu penjual cilor lewat di depan rumah, Anda bisa mencoba membuatnyasendiri dengan resep yang sederhana. Sebelum membuat cilor di dapur kesayanganAnda, ada baiknya menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu kemudian membacacara pembuatannya.

Lalu, apa saja bahan-bahan yang diperlukan?

Pastinya jangan sampai lupa untuk menyiapkan aci atau tepung tapioka terlebih dahulu dan tepung terigu sebagai bahan dasar. Kemudian agar rasa aci nantinya lebih terasa yummy, kita bisa menambahkan bawang putih, garam, merica bubuk, air hangat, dan minyak goreng secukupnya. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan daun bawang sebagai pelengkap.

Setelah itu, siapkan juga telur dan air matang. Agar makanan dari aci ini lebih terasa di lidah, Anda dapat meracik bumbu kacang sebagai pelengkap cilornya. Bahan yang perlu dipersiapkan adalah kacang tanah, cabe merah keriting, bawang putih, garam, gula merah, gula pasir, dan air matang.

Baca Juga :  Resep Bumbu Ayam yang Dapat Anda Buat Sendiri Dirumah!

Jika semua bahan sudah siap, langkah selanjutnya yaitu mengolah cilornya dengan mencampurkan tepung tapioka, terigu, garam, merica, bawang putih, daun bawang, dan mencampurkannya dengan air hangat sedikit demi sedikit. Ratakan adonan di atas sampai membentuk tekstur yang Anda inginkan. Jika semuanya sudah tercampur dengan rata, adonan bisa dibentuk bulat dan rebus hingga mengapung, setelah itu tiriskan.

Sekarang kita lanjut ke tahap selanjutnya yaitu mengocok telur, air, garam, dan merica bubuk hingga berbusa. Cara mudah mencampurkan aci dengan telur, bisa disiasati dengan aci yang ditusukkan ke tusukan sate terlebih dahulu. Aci yang sudah menjadi seperti sate ini bisa langsung dicelupkan ke dalam telur yang tadi sudah disiapkan, celupkan beberapa kali untuk mendapatkan hasil dengan lapisan yang tebal, kemudian goreng menggunakan wajan.

Jika sudah berwarna kecoklatan, angkat dan tiriskan. Cilor sudah siap untuk disajikan di atas wadah, dan dinikmati dengan bumbu kacang yang tadi sudah dibuat.

Bagaimana?

Caranya sangat mudah bukan? Berarti sudah tidak ada alasan lagi untuk berdiam diri saja. Masing-masing dari Anda juga dapat memberikan varian tingkat kepedasan pada bumbu kacangnya. Sudah waktunya untuk mengolah makanan di rumah Anda sendiri. Tak perlu takut gagal, Anda dapat mencobanya lagi kapanpun, karena kegagalan merupakan salah satu keberhasilan yang tertunda. Jika hasil yang Anda dapatkan sangat memuaskan, tidak menutup kemungkinan juga untuk membuka usaha cilor homemade. Selamat mencoba!

Untuk mengetahui langkah-langkah pembuatan cilor lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi tautan berikut ini: