Kue Basah: Cara Membuat Pie Susu

cara membuat pie susu

Berkunjung pada suatu tempat tentunya kurang lengkap tanpamencicipi makanan khas, bukan hanya itu saja tetapi oleh-oleh juga termasuk.Nah, salah satunya adalah di Bali dengan berbagai tempat wisata menarikternyata pulau tersebut juga menyimpan kuliner atau makanan khas yang tidakboleh dilupakan. Salah satunya adalah pie susu. Meskipun memang dikota lain adajuga pie susu tetapi lebih populer dari Bali. Meskipun Anda belum sempat pergike Bali tetapi tenang, bisa mengolah sendiri dengan mengintip cara membuat pie susu anti gagal. Ya,meskipun memang ada beberapa orang yang mengatakan prosesnya rumit tetapi halitu akan terasa mudah ketika Anda sudah bisa melakukan.

Secara umum, pie susu termasuk dalam jenis kue basah maupun kering karena bisa dilihat sendiri jika dalam satu makanan tersebut ada dua bagian yang berbeda. Bagian pertama yang disebut dengan kulit lalu bagian kedua yang disebut dengan isian. Keduanya tentu mempunyai cara yang berbeda, jadi ketika Anda ingin membuat pie susu harus paham keduanya. Sedikit tips yang perlu Anda ketahui ketika akan membuat pie susu, antara lain:

  1. Pada bagian kulit jangan terlalu tebal, hal ini tentunya supaya bisa matang secara sempurna ketika dipanggang.
  2. Supaya pada pembuatan adonan tidak mengeluarkan busa, ada baiknya Anda menggunakan mixer dalam kecepatan sedang.
  3. Untuk membuat adonan terhindar dari ampas, saringlah terlebih dahulu agar tidak merusak rasa dari hasil kuenya.

Nah, setelah mengetahui beberapa tips diatas Anda bisa menyiapkan bahan apa saja yang diperlukan dalam pembuatan pie susu yaitu:

  • Tepung terigu.
  • Telur.
  • Margarin atau mentega.
  • Vanili dan garam
  • Susu kental manis putih.
  • Susu cair.
  • Kuning telur.
  • Tepung maizena.
  • Vanili bubuk.

Berdasarkan bahan-bahan yang telah Anda siapkan diatas, saatnya untuk memulai proses pengolahan kue basah  dengan cara:

  1. Campurkan semua bahan yang digunakan untuk pembuatan kulit secara merata dari mulai tepung terigu, telur, margarin, vanili dan garam.
  2. Uleni sampai dengan adonan merata tidak sampai lengket pada tangan.
  3. Siapkan cetakan pie dengan mengolesi mentega atau margarin terlebih dahulu.
  4. Tuang adonan kedalam cetakan kecil, bentuk pada bagian tepi dengan menekan menggunakan garpu.
  5. Tusuk pada bagian bawah agar matang adonan secara sempurna.
  6. Setelah selesai panaskan oven, sambil menunggu panas Anda bisa mengisi dengan isian yang telah disiapkan sebelumnya.
  7. Panggang dalam waktu kurang lebih 45 menit dalam suhu yang telah diatur sebelumnya, jangan sampai gosong pastikan warna cantik kuning keemasan.
  8. Lepaskan dari cetakan jika dirasa sudah matang atau sesuai dengan tingkat kematangan Anda.
  9. Jika memang Anda ingin menambahkan toping bisa langsung tambahkan sesuai dengan apa yang diinginkan. Sajikan pie susu selagi panas ataupun dingin karena nikmat apalagi dengan kopi ataupun teh sore hari.
Baca Juga :  Cara Membuat Resep Ikan dan Bumbu Resep Pepes Ikan

Nah, itulah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuatpie susu sendiri dirumah tanpa perlu pergi ke Bali. Jangan salah, selaindigunakan untuk camilan keluarga setiap hari jenis kue ini juga bisa dijadikansebagai salah satu ide usaha Anda. Banyak usaha baru bermunculan yang menciptakanpie susu dengan kreasi yang berbeda.