Masakan Berbahan Dasar Ayam: Cara Membuat Kari Ayam

cara membuat kari ayam

Makanan memang menjadi hal terpenting yang harus dikonsumsi olehmanusia agar mereka dapat tetap hidup dengan sehat dan menjalani hari-haridengan normal. Sekarang ini, jenis makanan sudah ada begitu banyak, mulai darimakanan lokal mau pun yang datang dari luar negeri. Namun, memang tidak adayang dapat mengalahkan rasa masakan nusantara yang begitu kaya dan memilikirasa yang begitu unik, khas serta tidak ada duanya. Salah satu dari masakanyang paling disukai adalah masakan yang dibuat dengan menggunakan ayam sebagai bahan dasarnya. Anda bisa mencoba untuk membuatkari ayam, dimana memiliki rasa yang begitu kaya, khas Indonesia, sertamemiliki kenikmatan sendiri terutama jika dimasak secara mandiri. Tentunyamembuatnya pun tidaklah sulit, Anda hanya tinggal mengikuti beberapa cara membuat kari ayam dalam berbagai variasiyang membuat makan di rumah menjadi terasa seperti di restoran.

  • Kari Spesial

Memakan sesuatu yang memang dibuat dengan cara yang berbeda, dimana terkesan spesial pastinya membuat masakan tersebut terasa lebih lezat. Anda bisa membuat kari ayam spesial dengan menambahkan beberapa bahan tambahan yang diinginkan. Untuk membuatnya, tumis semua jenis bumbu yang memang akan digunakan dan masukan ayam kemudian aduk hingga merata. Tambahkan santan dan garam, kemudian tunggulah hingga mendidih sembari mengaduknya. Jika kuah sudah terlihat kental dan ayam menjadi empuk, maka Anda bisa mengangkatnya dan menyantap kari ayam spesial tersebut.

  • Kari Ayam Medan

Masakan berbahan dasar ayam ini juga sangat terkenal karena memiliki kuah dengan warna kuning yang pekat. Pastinya kari ini memiliki wangi yang sangat menarik, dimana daging ayamnya juga dibuat lebih empuk. Anda bisa memulainya dengan menumis bumbu dengan api sedang, kemudian masukan potongan daging dan aduk hingga merata. Anda bisa membuat bumbunya dengan menggunakan bawang merah, kemiri, bawang putih, kayu manis, ketumbar, kunyit, jintan, pala dan cabe merah sesuai dengan selera. Angkat jika ayam sudah terasa sangat empuk dan kuah sudah kental.

  • Kari Ayam Jawa
Baca Juga :  Olahan Cemilan Tahu khas Cirebon

Berbeda dengan jenis kari di atas, ayam yang digunakan dapat berupa ayam kampung atau pun ayam potong dan dipadukan dengan bumbu khas jawa yang sudah dibuat terlebih dahulu. Anda bisa membuat bumbunya dengan memadukan bawang merah, bawang putih, bawang pre, santan, daun salam, daun jeruk, jahe, kunyit, kemiri, lengkuas, gula dan garam. Pastinya masakan pun akan memiliki aroma yang menggugah selera, serta rasanya pun akan menggoyang lidah Anda.

  • Kari Tanpa Santan

Mungkin sebagian masyarakat tidak menyukai masakan berbahan dasar ayam ini jika dipadukan dengan santan. Namun, Anda bisa menghilangkan santan dari masakan kari ayam Anda, yakni dengan mengganti bumbu dan rempah yang digunakan. Misalnya, dengan menggunakan bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe merah yang besar, jahe, lengkuas dan kemiri. Anda harus merebus ayam terlebih dahulu dan menumis bumbu secara terpisah. Setelah jadi, masukan bumbu ke dalam rebusan dan tambahkan kaldu ayam, garam serta gula.

  • Kari Sederhana

Memasak kari akanterasa lebih mudah jika Anda memasak jenis kari yang sangat sederhana sehinggadapat mengirit waktu Anda. Misalnya, Anda membuatnya hanya dengan bahan yangmemang sudah tersedia di rumah saja, serta membuatnya sesuai dengan selerasendiri. Cara memasaknya pun sebenarnya sama dengan cara membuat berbagai jeniskari di atas. Untuk bahan-bahan apa saja yang diperlukan serta cara memasakyang sederhana,